Jenis-jenis Gerga (Ornamen) Suku Pakpak


Bataksiana - Setiap suku pasti memiliki ornamen atau seni ukir tradisional. Dalam suku Pakpak, Ornamen itu dinamakan gerga. Ornamen Pakpak biasanya digunakan pada motif-motif ukiran atau okir, termasuk lukisan Pakpak seperti hiasan pada rumah adat dan patung-patung karya seni budaya Pakpak.

Setiap ornamen Pakpak mengandung makna tertentu, selalu ada simbil yang ingin disampaikan dalam setiap ornamen. Berikut beberapa gambar ornamen Pakpak:

* Okir Beraspati

Okir Beraspati
Ukiran ini menggambarkan sepasang cicak yang disebut tendi sapo. Ornamen ini dianggap sebagai pelindung dan lambang tendi (roh) yang akan melindung si penghuni rumah baik lahir maupun bathin. Hiasan ini juga melambangkan dewa penguasa tanah sebagai lambang kesuburan, disebut juga Beraspati Tanoh.

* Gerga Nengger

Gerga Nengger
Ornamen ini disebut juga dengan Nipermunung, melambangkan kedudukan raja, pertaki (penguasa) seorang bangsawan yang bermarga asli di daerah tempat dia berdomisili. Hiasan ini serta merta melambangkan kejayaan pemerintahan seorang raja. Letaknya tegak lurus dari puncak atas sampai pertengahan bagian depan atau di tengah-tengah melmelen bonggar.

* Gerga Perbunga Koning

Perbunga Koning
Ornamen ini melambangkan puncak keindahan bagi kaum wanita, gerga ini juga melambangkan keindahan agar penghuninya disukai orang lain seperti bunga kunyit (bunga koning) yang harum semerbak. Letaknya membujur memotong ujung dari pada nengger sebagai bidang yang menghubungkan kedua sisi atap. (berbagai sumber/int)

Loading...

SHARE
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

close