Ini Beberapa Fakta Unik tentang Sidikalang, Ibukota Dairi


Bataksiana - Sidikalang adalah ibu kota dari kabupaten Dairi, meski masih tergolong kota kecil namun Sidikalang bisa dibilang sebagai kota yang memiliki capitalisme yang cukup berbeda-beda, untuk itu penulis akan menjelaskan fakta-fakta unik seputar kota Sidikalang.
Gapura masuk Kota Sidikalang.
Berikut ini merupakan fakta-fakta unik kota Sidikalang Kabupaten Dairi:

- Sidikalang dulunya adalah ibukota dari kabupaten yang luas dan kini telah dimekarkan menjadi dua kabupaten yaitu Dairi dan Pak-pak Barat.

- Meskipun sudah merupakan wilayah yang cukup luas, ternyata dulu kabupaten Dairi juga merupakan pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Utara.

- Luas wilayah Sidikalang Kabupaten Dairi hanyalah sebesar 2,69% dari keseluruhan wilayah Provinsi Sumatera Utara.

- Sidikalang merupakan salah satu daerah penghasil Kopi berkualitas baik di Indonesia.

- Suku ataupun etnis terbesar di Sidikalang sebenarnya adalah suku Pak-pak namun karena keberagaman dan kemajuan hidup, maka sekarang bisa digolongkan penganut suku Pak-pak tinggal 50%, dan Sidikalang juga termasuk kota yang memiliki etnis Tionghoa yang cukup besar (bisa dilihat dari gedung-gedung besar dan berderet milik etnis Tionghoa di Sidikalang).

- Sidikalang merupakan salah satu kecamatan, dan sekaligus sebagai ibukota kecamatan dan ibukota kabupaten dan terdiri dari 11 kelurahan.

- Sidikalang seharusnya pantas memiliki julukan sebagai kota KOPI, mengapa tidak? Luas Keseluruhan Perkebunan kopi Robusta Kab. Dairi adalah 14.117 Ha dengan produksi 6.770,33 ton/tahun sedangkan pertanamankopi Arabika seluas 5.771,5 Ha dengan produksi 2.639,05 ton/tahun.

- Kopi Sidikalang adalah Kopi dengan kualitas Internasional, dikarenakan cita rasa yang enak, kopi ini bersaing dengan kopi dari Brazil, dan konon kopi Sidikalang banyak diekspor ke Korea.

- Terlepas dari kopi, ternyata Sidikalang juga bisa menghasilkan hasil-hasil tani yang berkualitas, seperti Nilam, Kentang, Terong Belanda, Padi dan masih banyak lagi.

- Berdasarkan potensi geografisnya, strawberry dan apel juga layak dikembangakan di Sidikalang loh.

- Kunjungan wisata paling di favoritkan di Prov Sumatera Utara salah satunya adalah Taman Wisata Iman Dairi. (sumber; wikpedia)

Loading...

SHARE
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

close