Jenis-jenis Tarian Tradisional Simalungun


Bataksiana - Suku Simalungun adalah salah satu suku adat batak yang menetap di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Marga asli penduduk Simalungun adalah Damanik, dan 3 marga pendatang yaitu, Saragih, Sinaga, dan Purba. Kemudian marga marga (nama keluarga) tersebut menjadi 4 marga besar di Simalungun.
Tortor Toping-toping.

Seperti adat batak lainnya di Sumatera Utara, masyarakat adat Simalungun juga memiliki beragam adat budaya yang menarik, diantaranya adalah tari tradisional. Tari Tradisional yang berasal dari Sumalungun Sumatera Utara antara lain:

* Tortor Toping Toping

Tari Toping Toping adalah merupakan sebuah tarian unik yaitu tari tradisional yang berasal dari Simalungun yang biasanya dilakukan untuk menghibur keluarga kerajaan yang sedang berduka cita. Pada awalnya tari toping toping ini dilakukan untuk menghibur keluarga kerajaan Simalungun. Namun dalam perkembangannya tari toping toping dilakukan sebagai sarana hiburan masyarakat Simalungun dan Sumatera Utara pada umumnya.

Tari toping toping dilakukan oleh beberapa orang dengan mengenakan kostum berupa topeng dan diiringi oleh alat-alat musik tradisional sumatara utara yang disebut Gonrang Sidua-dua terdiri dari 5 orang pemain masing-masing memainkan perangkat musik sarunei bolon, dua orang penabuh gonrang, satu orang penabuh mongmongan dan satu orang penabuh ogung.

Adapun penggunaan topeng pada tari toping toping ini terdiri dari 3 macam, yaitu topeng dalahi (topeng yang menyerupai wajah pria yang juga dikenakan oleh penari pria), Topeng Daboru (topeng yang menyerupai wajah wanita, dan dikenakan oleh penari wanita) serta Topeng Huda-Huda (Topeng yang menyerupai paruh burung enggang, dibentuk dari jalinan kain).

* Tortor Manduda
Tari Manduda adalah tari tradisional yang berasal dari Simalungun Sumatera Utara yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas panen raya. Tari Manduda menggambarkan kehidupan petani yang sedang turun kesawah dengan suasana gembira, mulai menanam padi hingga sampai kepada suasana menuai padi. Gerak memotong padi, mengirik dan menampis padi tergambar melaui motif-motif gerakannya yang lemah gemulai dan lincah.

* Tortor Sombah

* Tortor Haroan Bolon

Demikian 4 tari tradisional Simalungun Sumatera Utara, semoga bermanfaat. (bbs/int)

Loading...

SHARE
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

close