Ini Seni dan Budaya Unggul dari Batak Toba


Bataksiana - Suku Batak Toba sangat kaya dengan nilai budaya dan tradisi yang sudah turun-temurun diajarkan. selain itu suku ini juga memiliki unsur kesenian yang khas. Dan hal itu telah dipertahankan selama bertahun-tahun hingga tiba pada saat generasi penerus dapat menikmati giliran menjaganya.
Gorga Toba.
Tentu hal ini tidak terlepas dari faktor Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, ras, agama, dan berbagai golongan. Berikut adalah 4 unsur seni yang terdapat pada budaya suku Batak Toba yang dapat kamu kenal sebelum tiba waktu Toba de tour datang.

* Seni Rupa

Batak Toba memiliki keterampilan seperti membuat ukiran dan patung. Dapat dilihat dari ukiran yang estestis pada ornamen-ornamen rumah adat mereka. Suku Batak Toba juga memiliki sentuhan seni rupa pada keterampilan mereka dalam membuat sior dan hujur (panah), losung gaja (lesung besar), dan juga boneka sigale-gale (boneka dari kayu yang dapat menari).

* Seni Musik

Suku Batak Toba memiliki alat musik tradisional yaitu gondang sabangunan dan gondang hasapi. Musik yang dimainkan dengan dua alat tersebut biasa digunakan dalam upacara atau ritual-ritual khusus yang sudah menjadi tradisi suku Batak Toba.

* Seni Tari

Tortor, sebuah tarian yang sangat populer dan menjadi ajang pertunjukkan yang biasa disajikan oleh suku Batak Toba. Tari tortor menjadi warisan budaya yang masih eksis sampai sekarang, masyarakat Batak biasa menyebut kegiatan tari tersebut dengan manortor yang berarti menari.

* Seni Kerajinan

Kain ulos merupakan pakaian tradisional Batak dan menjadi objek cinderamata yang biasa dibawa pulang oleh para wisatawan. Pengrajin kain ulos memiliki keterampilan yang bernama martonun, yaitu menenun kain ulos dengan alat tenun tradisional Batak.

Dari keseluruhan unsur yang ada pada budaya Batak Toba, kita bisa melihat adanya nilai estetis dari kesenian tradisional mereka. Sudah jelas bahwa budaya dari Batak Toba sangat menarik dan layak untuk dilestarikan sebagai lambang identitas dan simbol eksistensi suku Batak di tanah Toba. (bbs/int)

Loading...

SHARE
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

close